contoh contoh robot

Di dunia ini banyak sekali macam-macam jenis robot. contohntya adalah 5 berikut:

Robot Humanoid

Robot ASIMO keluaran Honda model tebaru
Robot Humanoid adalah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua kaki, meskipun ada pula beberapa bentuk robot humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas. Beberapa robot humanoid juga memiliki 'wajah', lengkap dengan 'mata' dan 'mulut'. Android merupakan robot humanoid yang dibangun untuk secara estetika menyerupai manusia.

source: wikipedia.org

Robot animaloid, AIBO keluaran SONY

Robot Animoloid

Robot Humanoid adalah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh hewan, dan bertingkah laku didasarkan dengan program menyerupai hewan yang sesungguhnya 

source: wikipedia.org




Robot Industri
adalah komponen utama dalam teknologi otomatis yang dapat berfungsi sebagai layaknya buruh/pekerja manusia dalam pabrik namun memiliki kemampuan bekerja yang terus-menerus tanpa lelah. Robot Industri dapat diciptakan untuk menggantikan posisi-posisi pekerja dalam bagian produksi, sperti buruh dengan keahlian rendah teknis profesional dengan keahlian tertentu.

source: ci-muetz.blogspot.com

Robot Riset

Robot tersebut digunakan para ahli untuk membantu kesuksesan proyek mereka. contoh adalah robot mars rover  yang dioperasikan ke mars. 


Robot Line Follower

Robot line follower adalah robot yang dapat bergerak mengikuti garis secara OTOMATIS. Dengan menggunakan white board dan garis warna hitam, maka robot ini akan berjalan mengkuti garis. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan disini. Yaitu terdapatnya garis bercabang, perempatan, pertigaan atau bahkan tikungan yang tajam. Maka untuk menjalankan robot tersebut sesuai dengan yang diinginkan tentunya ada beberapa progam yang harus dikerjakan dengan bantuan beberapa sensor infra red dan photo diode sebagai sensor garis. Mikrokontroler sebagai otak dari kerja robot ini. Pemprogaman mikrokontroler AVR ATMega8535 mengunakan bahasa C. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan 2 - Process Concept

ranking10